Cara Backup Data Laptop Sebelum Install Ulang

Benda-benda elektronik yang berhubungan dengan digitalisasi sangat dibutuhkan pada era canggih sekarang ini. Komputer atau laptop merupakan salah satunya.

Perangkat elektronik memang sangat bermanfaat dalam menunjang kehidupan, tetapi tentu terdapat masa daya perangkat elektronik tersebut.

Biasanya akan terjadi kerusakan atau penurunan performa. Jika masuk pada fase ini, tentu dibutuhkan perbaikan atau service untuk bisa mengembalikan seperti sedia kala.

Tidak terkecuali pada perangkat elektronik laptop. Laptop menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari, baik yang berhubungan dengan pekerjaan, pembelajaran, dan lain sebagainya.

Kerusakan atau penurunan performa pada laptop dapat mengganggu pekerjaan. Dan pada umumnya, perbaikan yang paling sering dilakukan adalah dengan menginstall ulang laptop.

Penyebab Install Ulang Laptop

Install ulang laptop berarti mengembalikan kondisi operation system dan software ke awal seperti baru pertama kali dipakai.

Biasanya, ini menjadi suatu langkah terakhir yang ditempuh untuk bisa memperbaiki kondisi laptop ke sedia kala.

Umumnya, penginstalan ulang ini disebabkan oleh beberapa hal.

1. Sudah disusupi malware atau virus lainnya

Virus yang telah “menggerogoti” laptop, tentu sangat menyebalkan. Tidak hanya merusak kinerja software yang berjalan, tetapi juga bisa menghilangkan dan merusak data-data yang terdapat di dalam penyimpanan laptop.

2. Selalu terjadi not responding atau force close

Kondisi not responding atau force close sangat mengganggu aktivitas penggunaan laptop, terutama saat sedang bekerja.

Hal ini terjadi disebabkan banyak hal. Salah satunya adalah RAM sebagai sumber daya memori dari menjalankan aplikasi mengalami kepenuhan karena banyaknya aplikasi yang berjalan di background.

3. Proses booting atau membuka aplikasi lama

Proses booting yang lambat, dan juga loading membuka aplikasi yang sangat lama, menjadikan ini penyebab penginstalan ulang berikutnya.

Kedua hal di atas sering kali disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang memakan daya besar saat penyalaan awal pada laptop, atau tingginya proses pekerjaan dari harddisk dan RAM.

Memanfaatkan Cloud Storage untuk Backup Data

Melakukan penginstalan ulang juga berarti menghapus segala hal yang ada di laptop, dan mengembalikannya kembali ke awal saat masih kosong. Ibaratnya seperti bayi yang terlahir kembali.

Sehingga sangat perlu dilakukan backup data-data yang terdapat di dalam harddisk.

Biasanya, backup data menggunakan flash drive atau harddisk external. Namun, seiring berkembangnya teknologi, muncul sebuah penyimpanan secara online yang sangat aman.

Salah satu yang bisa kita manfaatkan adalah teknologi aplikasi cloud storage. Dimana data kita tersimpan di tempat yang aman dan dapat diakses melalui internet, kapanpun dan dimanapun.

Cloud storage adalah penyimpanan data melalui koneksi internet ke server cloud penyedia jasa tersebut. Dan salah satu penyedia jasa cloud storage yang direkomendasikan adalah Cloud Storage for IndiHome.

Penyimpanan berbasis cloud yang sangat aman ini, sangat berguna dalam melakukan backup data dari laptop yang akan diinstal ulang.

Di samping itu juga pengaksesan yang sangat mudah dengan perangkat apapun.

Maka, backup data dengan Cloud Storage for IndiHome menjadi salah satu jalan yang sangat direkomendasikan untuk mengamankan data penting sebelum disimpan kembali ke laptop seperti semula.