Cara Flash Oppo R2001 Bootloop

Cara Flash Oppo R2001 – Dijaman serba canggih gini dan dengan dukungan internet untuk kemudahan mengakses informasi, kini anda pun bisa mengatasi masalah masalah yang dulunya hanya orang orang ahli dibidangnya yang mengetahui keilmuannya.

Misalnya untuk perbaikan HP oppo yoyo atau oppo r2001 mengalami kerusakan bootloop. Kini anda sendiripun bisa melakukan perbaikan secara mandiri. Mungkin dulunya kasus seperti ini kita bisa mengeluarkan uang ratusan ribu untuk perbaikannya.

Bootloop sendiri adalah masalah yang sangat umum dialami pengguna smartphone. Apapun merknya pasti bisa mengalami ini. Bootloop biasanya terjadi karena ada satu atau beberapa file sistem di oppo yoyomu mengalami korup.

Korup disini maksudnya bisa rusak, terhapus, atau tertimpa dengan file lain namun buat untuk oppo yoyo. Lalu apa saja sih yang bisa bikin bootloop? Salah satunya yang paling sering terjadi adalah percobaan nge root. Rooting android kalau cara dan file nya gak sesuai tipe hapenya ya sangat sangat berpeluang untuk matot atau bootloop. Nah sesuai perkataan saya diatas, itu semua bisa diatasi. Berikut ini tutorialnya, saya memberikan beberapa alternatif cara yang bisa anda terapkan satu persatu.

Lihat juga Cara Flash Oppo R1001

Cara Flash Oppo R2001 via Flashtool

Sudah pernah dengar software flashtool? Sesuai namanya, software ini bisa membantu anda untuk melakukan flashing ke berbagai merk dan tipe ponsel. Selain flashing firmware utuh, flashtool juga bisa melakukan flashing satu file saja. Misalnya flashing boot.img atau recovery. Biasanya yang melakukan ini adalah orang yang ingin memodifikasi tampilan booting dari hp android.

Beruntungnya, aplikasi ini bisa kita dapatkan secara gratis. Sekarang tersedia untuk linux dan windows. Ukurannya pun sangat ramah kuota dan memori, hanya 77MB bisa menghidupkan kembali oppo r2001 yang matot. Simal berikut ini tutorialnya.

Download Bahan Berikut ini:

  1. SP Flashtool 44MB Via MediaFire.
  2. USB Driver Mediatek Via Google Drive.
  3. Stockroom Oppo Yoyo R2001 Via Google Drive.

Berikut ini Cara Flashingnya:

  1. Pastikan anda sudah mendownload semua bahan diatas.
  2. Jika sudah didownload, maka silahkan ekstrak semua file diatas.
  3. Ketika sudah diekstrak, langkah berikutnya adalahnya install USB Driver, agar oppo anda dapat terbaca di laptop anda.
  4. Selanjutnya buka folder SP Flashtool dan jalankan flash_tool.exe dengan cara klik kanan dan pilih Run As Administrator.
  5. Pada software flashtool, lihat ada menu Scatter Loading. Klik dan arahkan ke folder hasil ekstrak stock room tadi.
  6. Selanjutnya cari folder Android_scatter. Kemudian klik di file seperti gambar berikut kemudian klik Open.
    Cara Flash Oppo R2001
  7. Jika sudah kemudian Klik Download untuk memulasi flashing.
    Cara Flash Oppo R2001 via Flashtool
  8. Kemudian kita beralih ke oppo yoyo anda. Matikan dahulu atau jika sudah mati, kemudian sambungkan ke PC menggunakan kabel USB. Sambil menekan tombol volume atas dan bawah bersamaan.
  9. Jika proses flashing sudah berjalan lepaskan tombol volume.
  10. Jika sudah selesai maka akan tampil tulisan OK seperti ini.
  11. Selesai.

Lihat juga Cara Flash Xiaomi Mi 4i via Mi Flash, Updater, Dan TWRP

Cara Flash Oppo R2001 via SC Card Tanpa PC

Secara bawaan, oppo sudah memberikan sebuah sistem recovery yang sewaktu waktu bisa anda gunakan untuk flashing firmware jika terjadi kerusakan semacam bootloop ini. Atau sekedar anda ingin upgrade OS saja. Berikut ini tutorialnya.

Download Firmware Oppo R2001

  1. Setelah anda download firmware diatas. Langkah berikutnya adalah pindahkan firmware itu ke SD Card atau MMC anda taruh diluar folder.
  2. Sekarang matikan oppo yoyo anda. Dan masuk ke mode recovery. Caranya pada posisi mati. Tekan tombol power dan volume bawah bersamaan hingga muncul logo oppo dan masuk ke recovery mode.
  3. Setelah itu pilih bahasa English. Gunakan layar sentuh anda. Namun jika tidak bisa, gunakan tombol volume dan power untuk memilih.
  4. Agar flashing berjalan lancar. Silahkan pilih Wipe Data and Cache. Ini akan menghapus aplikasi anda namun file file di memori internal tetap aman.
  5. Selanjutnya untuk flashing firmware, pilih Install From SD.
    Cara Flash Oppo R2001 Tanpa PC
  6. Kemudian pilih file firmware yang sudah anda pindahkan ke SD Card tadi. Lalu pilih YES untuk konfirmasi.
  7. Silahkan tunggu proses flashing berlangsung.

Bagaimana cukup mudah bukan. Jika memang ini yang pertama bagi anda. Mungkin harus membaca dengan seksama dulu. Namun jika sudah pernah untuk beberapa kalinya. Saya yakin anda sudah memahami aluarnya dan mengerti apa apa yang anda butuhkan untuk flashing sebuah ponsel android.

Artikel Terkait:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.