Cara mengembalikan IMEI atau MEID

Di zaman sekarang ini, ponsel atau smartphone sudah menjadi kebutuhan setiap orang dari berbagai macam kalangan, bahkan sudah jadi alat bantu dalam bekerja. Mulai dari anak muda, orang dewasa, hingga orang tua.

Mulai dari anak sekolah, mahasiswa, karyawan, entrepeneur, dan semua profesi sampai orang biasa tanpa profesipun sepertinya pasti membutuhkan dan memiliki ponsel atau handphone. Kamu pun juga begitu tentunya ya.

Tapi yang perlu kamu ketahui, saat kamu membeli sebuah ponsel atau handphone baik.

Dengan harga murah ataupun mahal, baik dengan spec tinggi maupun spec rendah, pasti handphone yang kamu beli itu memiliki IMEI atau MEID. Nah loh bingung kan? Apa lagi tuh IMEI dan MEID?

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity (untuk ponsel atau smartphone type GSM) sedangkan MEID adalah singkatan dari Mobile Equipment IDentifier (untuk ponsel ada handphone CDMA).

IMEI sendiri berupa kombinasi nomor yang berkaitan dengan berbagai macam data dan berkaitan langsung dengan ponsel atau handphone yang kamu miliki loh.

Kehilangan IMEI bisa saja menimpa semua pengguna ponsel atau handphone. Termasuk kamu. Entah karena salah instal firmwire, melakukan unlock jaringan, atau hal lainnya.

Efeknya pun bermacam-macam pada handphone atau ponsel yang kamu gunakan. Contihnya MEID yang 000000 tidak bisa konek denga  playstore karena tidak bisa menjangkau google.

Sedangkan, invalid IMEI akan menyebabkan SIM slot dua tidak terbaca. Wah tentunya sangat menyebalkan ya kalau IMEI kita hilang. Karena beberapa fungsi handphone atau ponesl yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Nah kalau ponsel atau smartphone kamu pernah atau sedang mengalami kehilangan IMEI, kamu bisa coba tutorial berikut ini. Simak baik-baik ya.

Cara mengembalikan IMEI atau MEID Yang Hilang

Menggunakan PC

Step yang pertama, kamu harus siapkan dulu bahan-bahan untuk write IMEI atau MEID. Beberapa bahan yang harus kamu siapkan antara lain adalah

Step yang kedua, kamu harus catat nomor IMEI atau MEID dari handphone atau ponsel yang kamu gunakan. Untuk mengetahui nomor IMEI bisa dilihat dibalik tempat baterai atau di box handphone.

Cara mengembalikan IMEI atau MEID

Ingat ya, catat nomor IMEI bukan nomor handphone atau nomor whatsapp.

Step ketiga, pastikan ponsel atau handphone kamu sudah sukses di root dan mengaktifkan USB debugging pada ponsel atau handphone.

Cara mengembalikan IMEI Tidak Valid

Untuk mengaktifkan USB debugging, kamu pergi ke menu setelan-tentang ponsel kemudian klik tuju kali berturut-turut pada nomor bentukan, nanti akan muncul opsi pengembang. Kamu buka menu tersebut dan aktifkan USB debugging.

Step keempat agak rumit. Jadi kamu harus perhatikan baik-baik ya.

Klik start kemudian klik my computer dan buka folder Minimal ADB and Fastboot yang ada pada penyimpanan C:\Program Files atau di C:\Program Files (86). Kemudian klik py_cmd.exe

Cara mengembalikan IMEI Null

Setelah itu segera kamu hubungkan Android kamu ke PC dengan menggunakan kabel USB.

Setelah terhubung kamu ketikan adb devices, kemudian kamu ketikan adb shell selanjutnya kamu ketikan su. Sekarang coba kamu cek di Android kamu apakah ada permintaan izin dari SuperSU, jika ada, kamu klik izinkan.

Pastikan sudah ada tanda pagar yang muncul lalu kamu ketikan setprop sys.usb.config diag,adb

Cara mengembalikan IMEI Android Dengan PC
setprop sys.usb.config diag,adb

Nanti di bagian bawah kanan komputer tepatnya pada bagian device manager akan muncul port Ports diag Qualcom HS-USB Android DIAG 901D.

Sekarang kamu jalankan program write IMEI pada komputer. Selanjutnya kamu isi program write IMEI itu dengan MEID, IMEI1 dan IMEI2. Setelah itu semua selesai kamu lakukan, klik tombol START.

Cara mengembalikan IMEI Xiaomi

Catatan: khusus untuk kamu pengguna CDMA yang menggunakan Write MEID kamu harus isi juga IMEI2, untuk IMEI2 tulis seperti kepunyaan IMEI1 tapi sedikit dibedakan misalkan dirubah angka belakangnya saja ya.

Kalau berhasil, kamu akan lihat ada kotak warnah hijau dengan tulisan PASS

imei hilang setelah flash

Kemudian lakukan Reboot pada HP kamu

Sekarang IMEI dan MEID di HP kamu sudah kembali lagi, silahkan cek *#06#, kalau imei sudah nampak bearti kamu sukses melakukan write imei.

Bagaimana? kamu sudah berhasil kah mengembalikan IMEI atau MEID yang hilang? Atau masih bingung dengan penjelasan di atas? Kalau kamu belum berhasil, coba ulangi step by stepnya. Karena siapa tau ada yang terlewat atau ada yang salah kamu ketikan.

Oke, Kalau kamu masih bingung dan belum berhasil mengembalikan IMEI atau MEID yang hilang dengan cara di atas, ada opsi lain nih yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan IMEI atau MEID yang hilang. Simak step by step berikut ini ya.

Tanpa Menggunakan PC

Step yang pertama, kamu harus catat dulu nomor IMEI ponsel atau handphone kamu yang ada di balik tempat baterai atau box ponsel yang kamu beli. Ingat ya, dicatat nomor IMEI nya bukan nomor smartphone hehehe.

Step yang kedua, kamu tekan *#*#3646643#*#* pada dialer. Nanti kamu akan lihat window bertulisan

“open the engineering mode, for enginering staff debugging only use terminal problems in enginering mode of china telecom and terminal manufacturers are not responsible for solving.” Beserta pilihan “ok” dan “cancel”.

Step yang kedua, kamu pilih “ok” pada pilihan tersebut, dan nanti kamu akan masuk ke dalam enginering mode dengan banyak pilihan opsi seperti network selection, CDMA network select, network info, networking setting, GPRS, mobile data service preferred, simme lock, dan lain-lain.

Step ketiga, kamu geser layar handphone kamu sampai kamu bertemu dengan opsi pilihan bertulisan “connectifity dan tap pilihan CDS information (Comon Data Service information)

Step keempat, pilih opsi “Radio Information” nanti kamu akan masuk ke menu phone information bertulisan “phone 1” dan “phone 2”.

Cara mengembalikan Imei Tanpa Root

Step kelima, pilih “phone 1” nanti akan tampil banyak tulisan yang kamu lihat dan ada kolom dengan tulisan “A+” di bagian atas.

Kemudian kamu isi ruang kosong setelah huruf “A+” tersebut dengan ketikan EGMR=1,7,”NO_IMEI” kemudian kamu tap SEND AT COMMAND.

Lalu kamu tunggu sebentar sampai kamu melihat window kecil pengiriman. Lalu kamu ulangi pada “phone 2″ diisi dengan ketikan EGMR=1,10,”NO_IMEI” setelah tulisan “A+”.

Setelah semua step kau lakukan, segera restart ponsel atau handphone kamu dan tekan *#06#

Dan, bimsalabim abrakadabra….! Isi IMEI telah kembali. Horeeee. Akhirnya kamu berhasil. Jangan lupa bagikan tutorial cara mengembalikan IMEI dan MEI yang hilang kepada orang lain ya. Karena bisa jadi orang-orang diluar sana sedang mengalami masalah kehilangan IMEI dan MEI dan mereka sangat membutuhkan informasi ini dari kamu.  

Semoga tutorial ini bermanfaat, dan jangan lupa baca tutorial-tutorial kami lainnya di blog sederhana ini. Sampai jumpai di tips-tips keren lainnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.