Cara Mengunci Folder di Windows Mudah dan Aman

Bandoppler.com – Bagaimana cara mengunci folder di windows dengan aman dan mudah? Barangkali pertanyaan ini kerap muncul di benak Anda. Apalagi bila di dalam komputer terdapat data-data penting. Baik komputer maupun laptop kini menjadi alat yang penting bagi banyak orang. Terutama bagi kaum milenial.

Banyak orang menggunakan kedua teknologi canggih tersebut untuk berbagai macam hal mulai dari bekerja, belajar dan bermain game.

Karena digunakan untuk berbagai macam aktifitas, bisa dibayangkan data yang ada di dalam komputer maupun laptop sudah pasti banyak.

Bahkan tidak jarang orang lebih menyimpan data penting di laptop maupun di komputer ketimbang di flaskdish. Karena sifatnya yang penting dan rahasia, tentu keamannya perlu dijaga. Untuk menjaganya Anda dapat mengunci beragam folder penting dengan cara-cara di bawah ini.

Lihat juga Cara Menghapus Chromium

1. Cara Mengunci Folder di Windows Dengan Secret Folder

Cara Mengunci Folder di Windows Dengan Secret Folder

Kebanyakan orang pastinya tidak menginginkan data penting yang sudah disimpan di dalam folder komputer dan laptop diakses oleh kawan atau bahkan orang lain bukan? Apalagi, data tersebut mudah digunakan orang lain yang tidak bertanggung jawab. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda perlu mengamankan data penting yang ada di dalam komputer dengan cara-cara aman. Salah satunya lewat secret folder.

  • Menggunakan software secret folder

Untuk mengamankan folder di dalam komputer ada beragam cara yang ditawarkan kepada Anda. Bila Anda menggunakan cara pertama ini berarti bisa dikatakan Anda memanfaatkan sebuah software khusus yaitu secret folder.

Perlu diketahui bahwa software yang satu ini setelah diinstal di komputer tidak dapat dihapus atau diunninstall tanpa menggunakan pasword khusus.

  • Pahami cara kerja software secret folder

Sebelum menggunakan cara ampuh ini, Anda sebaiknya memahami terlebih dahulu cara kerja software tersebut. Software secret folder memiliki ukuran sekitar 4 MB.

Dengan ukuran yang kecil, software ini aman dan ringan untuk pc Anda. Seperti penjelasan sebelumnya, secret folder sangat susah dihapus tanpa mengguakan master password yang sebelumnya sudah disetting.

  • Kelebihan menggunakan secret folder

Karena unninstall software tersebut hanya dapat dilakukan menggunakan pasword khusus sudah pasti folder yang Anda simpan aman.

Orang yang berniat usil dengan folder rahasia Anda akan kesusahan untuk mengakses folder penting tersebut. Agar cara mengunci folder di windows lancar Anda disarankan mematikan mode windows defender terlebih dahulu.

  • Cara mengunci folder penting

Cara mengunci folder penting di windows dengan mudah dan aman dapat Anda lakukan dengan menginstall terlebih dahulu aplikasi secret folder.

Setelah download sukses, pilih opsi run pada folder zip. Sesuaikan dengan bahasa yang diinginkan dan setujui lisensi software. Tambahkan pasword dan klik +add untuk mengunci folder penting di dalam komputer. Maka folder tersebut tidak akan terlihat.

Baca juga Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Di PC

2. Cara Mengunci Folder di Windows Lewat CMD

Cara Mengunci Folder di Windows Lewat CMD

Selain cara pertama di atas, untuk mengunci folder penting di dalam komputer dan laptop Anda dapat mencoba alternatif kedua. Alternatif kedua ini Anda diharuskan menggunakan notepad.

Sama halnya dengan langkah-langkah yang sudah disebutkan pada cara pertama, untuk cara yang kedua ini Anda difokuskan pada penempatan kode-kode tertentu. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan lewat notepad.

  1. Langkah pertama ialah dengan memilih folder mana saja yang ingin dikunci atau disembunyikan. Agar nantinya Anda mudah kembali melihat foldernya, buatlah nama folder sesuai dengan isi file atau nama folder samaran.
  2. Langkah kedua, masuklah ke dalam folder yang baru saja Anda lihat tadi kemudian buatlah file text baru di dalamnya. Caranya cukup mudah. Cobalah klik kanan, kemudian pilih menu news dan text document.
  3. Langkah ketiga masukkan script khusus (klik disini) pada bagian dalam text file tersebut. Setelah itu, jangan lupa untuk mengganti kode dalam kolom “password di sini” dengan password yang Anda inginkan. Pastikan pasword mudah untuk Anda ingat.
  4. Cara mengunci folder di windows selanjutnya Anda perlu klik kode save as pada file text tersebut. Kemudian berilah nama khusus yaitu locker.bat. Setelah itu, ganti lagi save as type dengan pilihan all files.
  5. Langkah kelima, hapus file yang sudah Anda buat sebelumnya yaitu new text document. Kemudian, klik sebanyak dua kali file locker. Nantinya, akan muncul file private secara otomatis. Anda dapat menyimpan file di bagian ini.
  6. Langkah keenam, setelah file penting Anda pindahkan, sebaiknya jalankan kembali file yang sudah terkunci tersebut. Barulah kemudian pilih tombol Y dan tekan enter pada komputer Anda.
  7. Selesai menjalankan langkah keenam, berarti cara Anda sudah sukses. Langkah selanjutnya folder tersebut akan secara otomatis menghilang. Untuk membukannya, Anda hanya perlu mengklik file folder sebanyak dua kali dan masukkan pasword.

#3 Cara Kunci Folder di Windows Lewat 7Zip

Cara Kunci Folder di Windows Lewat 7Zip

Cara kedua di atas bisa dilakukan tanpa bantuan software. Bila cara kedua belum berhasil Anda lakukan, jangan berkecil hati karena masih ada cara ketiga.

Cara ketiga ini masuk ke dalam kategori penguncian folder penting di dalam komputer dan laptop dengan memanfaatkan dukungan software. Cara mengunci folder di windows ini juga sering dipilih oleh banyak orang karena langkah-langkahnya yang mudah diterapkan dan aman untuk dilakukan.

  • Tahapan pertama yaitu menginstall software 7Zip pada komputer atau laptop Anda. Terlebih dahulu download softwarenya sampai pada bagian akhir. Perlu diketahui, software ini gratis lho.
  • Tahapan kedua buka folder di dalam komputer dan pilih folder penting yang ingin Anda kunci. Setelah itu, klik kanan dan pilih menu 7Zip dan add to archive atau pilih menu tambah ke arsip.
  • Tahapan ketiga, nantinya akan muncul halaman jendela 7Zip. Lihatlah pada bagian archive format, kemudian pilihlah format file arsip yang Anda inginkan. Pada bagian ini disarankan memilih file Zip karena lebih mudah diingat.
  • Tahapan keempat Anda harus memasukkan sejumlah pasword khusus. Password inilah yang berfungsi sebagai pengunci folder penting sebagai archive Zip. Apabila sudah selesai dilakukan Anda tinggal klik OK.
  • Tahapan kelima, tutup kembali folder yang sudah dikunci. Dan buka kembali dengan pasword yang sudah Anda buat. Hal ini untuk menguji coba berhasil tidaknya penguncian folder.
  • Tahapan keenam, bila folder sudah terbuka dengan pasword yang Anda buat sudah pasti cara tersebut berhasil. Kini folder penting Anda telah aman. Sehingga orang-orang yang membuka folder tersebut akan kesusahan karena tidak memiliki akses yaitu pasword yang telah Anda buat. Bagaimana, aman dan mudah bukan?

Lihat juga Cara Aktivasi Windows 10 Pro

Nah, itulah cara untuk menjaga folder yang berisi file-file penting di dalam komputer maupun laptop.

Selain mengandalkan langkah-langkah di atas, Anda juga perlu memberikan pengawasan khusus terhadap komputer Anda.

Beberapa virus atau malware bisa saja merusak folder-folder penting yang Anda simpan di dalam komputer. Pastikan untuk mengaktifkan scanner dan menerapkan cara mengunci folder di windows di atas.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BANDOPPLER.COM
Terima kasih sudah memilih mengunjungi situs ini. Semoga konten kami bermanfaat. Sekali klik unduhan apk anda langsung berjalan. Mudah Dan Cepat.