Cara Otentikasi Taspen Lewat Hp

Aplikasi Taspen – Pada halaman ini kami akan memberikann tutorial cara otentikasi taspen melalui hp android. Tutorial akan kami jelaskan dengan lengkap plus gambar jadi silahkan lanjutkan membaca artikel berikut ini.

Mungkin sebelumnya anda sudah sering mengantri panjang dibank untuk mencairkan dana pensiun. Tentu saja hal tersebut sangat melelahkan. Oleh karena itu PT Tasepen bersama PT Telkom dan OT Sigma Cipta Karya bekerja sama unntuk mengembangkan sistem otentikasi melalui smartphone.

Teknologi ini diharapkan akan memudahkan berbagai pihak. Untuk penerima pensiun akan semakin mudah karena tidak perlu mengantri. Untuk pemerintah akan memudahkan untuk memantau proses penyelenggaraan dana pensiun.

Sistem ini adalah sistem baru jadi banyak para penerima pensiun yang mungkin saja agak bingung dengan proses awal otentikasi yang sebenarnya masih terlalu rumit. Namun itu semua untuk memastikan bahwa penerima dana pensiun masih hidup. Jadi kita sebagai penerima dana pensiun harus mematuhi sistem yang ada.

Oleh sebab itu kami membuatkan panduan cara otentikasi taspen lewat hp, simak tutorial nya berikut ini.

Lihat juga Cara Cek Kelulusan Administrasi PNS

Cara Otentikasi Taspen Lewat Hp

Pertama, install aplikasi taspen.

Download aplikasi taspen melalui playstore. Ketikan taspen di kolom pencarian playstore. Dan klik install.

Kedua, ijinkan aplikasi taspen.

Setelah terinstall maka anda akan diminta mengijinkan aplikasi untuk mengakses file media di hp anda. Ini berguna untuk pengambilan foto guna keperluan otentikasi. Klik Izinkan.

Cara Otentikasi Taspen Lewat Hp  Izinkan
Klik Izinkan

Kemudian akan muncul kotak info seputar garis besar tata cara otentikasi.

Keempat, masukan notas.

Masukan NoTas (Nomor Taspen) atau nomor pensiunan sesuai yang tertera di identitas kartu pensiun anda.

Kelima, verifikasi wajah.

Selanjutnya adalah proses otentikasi wajah. Ikuti setiap proses otentikasi yang diminta, dari menatap layar, berkedip, menganggukan kepala, menggelengkan kepala, dan foto sidik jari.

Keenam, otentikasi gerakan wajah.

Gambar diatas adalah contoh serangkaian proses otentikasi. Ikuti saja.

Ketujuh, otentikasi suara.

Jika proses otentikasi wajah berhasil, maka langkah selanjutnya adalah otentikasi suara. Cara nya adalah anda tekan gambar mic warna merah sembari membaca angka yang tertera dilayar.

Kedelapan, foto sidik jari.

Selanjutnya adalah anda diminta untuk foto sidik jari.

Kesembilan, proses otentikasi berhasil.

Jika berhasil anda akan melihat tampilan berhasil seperti gambar diatas.

Beberapa Penyebab Otentikasi Gagal

Ada beberapa keadaan yang harus anda hindari agar proses otentikasi berjalan dengan baik. Misalnya sebagai berikut.

  1. Kesalahan pada proses otentikasi wajah yakni. Gerakan wajah tidak sesuai instruksi, Gerakan wajah terlalu cepat.
  2. Ketika proses otentikasi wajah menggunakan topi, jilbab menutupi wajah, memakai kacamata.
  3. Pada proses otentikasi angka terdapat kekeliuran seperti: mengucapkan angka tidak sesuai urutan dilayar, pengucapan angka terlalu cepat, dan pengucapan angka suara berisik dan tidak jelas. Dan ada juga kasus mengucapkan angka bukan dengan bahasa Indonesia.

Nah insya Allah jika anda menghindari beberapa kesalahan diatas kemungkinan besar anda akan berhasil dengan mudah melalui proses otentikasi.

Walaupun proses ini bisa menyulitkan para pensiunan yang usianya tidak muda lagi. Namun disisi lain hal ini juga sangat memudahkan bari pensiunan. Kesulitan para proses otentikasi ini hanya untuk pertama kali saja.

Saya yakin untuk kedua dan ketiga kalinya akan semakin mudah karena anda akan terbiasa. Selain itu kita juga harus mendukung pemerintah agar lebih cepat dan mudah memantau proses pencairan dana pensiun.

Karena kita sudah berada di era modern serba digital. Karena semua itu akan semakin mempercepat dan memangkas birokrasi maka kita harus mendukungnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.