Cara Mengatasi Gboard Telah Berhenti

Pernahkah anda mengalami tiba tiba ada pemberitahuan GBoard telah berhenti? Dan beberapa hari ini beberapa pengguna gboard dibuat ramai oleh hal ini. Bahkan situs techno luar negeri terkemuka ikut membasanya. Baca pembahasan dari 9to5google.com

Apa itu Gboard, Apakah ini kerusakan berbahaya, dan bagaimana cara mengatasinya? Simak cara mengatasi peringatan Gboard telah berhenti dibawah ini.

Gboard atau google keyboard adalah aplikasi keyboard resmi buatan google untuk ponsel android. Jadi kalau anda mendapati error semacam ini anda tidak perlu khawatir karena bukan tergolong rusak parah.

Berikut Ini Beberapa Cara Saya Mengatasi Error Gboard Telah Berhenti :

Hapus Cache Alikasi Gboard

Setiap ada error pada aplikasi android. Saya selalu melakukan prosedur percobaan perbaikan ini, yaitu menghapus cache dari aplikasi tersebut.

Caranya gimana? ikuti catatan arahan ini.

Pergi ke Settings > Apps > Gboard > Clear Data and Cache.

Hapus Cache Alikasi Gboard

Restart Aplikasi Gboard nya

Restart Aplikasi Gboard
  1. Pergi ke pengaturan > Aplikasi > Cari Aplikasi Gboard.
  2. Kemudian klik Paksa Berhenti/Force Stop.
  3. Setelah itu, coba mengetik sesuatu entah di wa, atau di note. Jika keyboard muncul. Berarti Gboard berfungsi dengan baik.

Jika tidak berhasil, coba cara kedua ini:

Set Gboard Sebagai Aplikasi Keyboard Utama

Set Gboard Sebagai Aplikasi Keyboard Utama

Ini bisa terjadi jika anda memiliki lebih dari 1 aplikasi keyboard. Oleh karena itu kita harus memilih salah satunya untuk menjadi yang utama dipakai. Disini kita coba membuat gboard menjadi utama. Caranya berikut ini:

  1. Buka pengaturan.
  2. Cari menu Bahasa Dan Masukan.
  3. Pilih Default Keyboard > Pilih Gboard.
  4. Selesai.

Berikut ini adalah pilihan cara lainnya:

Hapus Update

Kemungkinan update gboard terbaru tidak cocok dengan device yang anda miliki sekarang. Oleh karena itu terkadang, menghapus update terbaru bisa mengatasi beberapa bug atau masalah yang ada. Caranya seperti ini.

Hapus Update gboard
  1. Pergi ke pengaturan.
  2. Aplikasi > Cari Aplikasi Gboard.
  3. Klik pada menu titik tiga di kanan atas.
  4. Kemudian pilih Uninstall Update.
  5. Selesai.

Lihat juga Cara Mengaktifkan Asisten Google Di Xiaomi

Jika semua cara diatas masih tidak berhasil juga. Saya sarankan untuk me restart device anda. Semoga bisa kembali seperti semula.

Kenapa sih error seperti ini bisa terjadi? Apa penyebabny?.. Berikut penjeasannya..

Secara umum, error “force close” pada aplikasi dikarenakan sistem mengalami kondisi yang tidak dapat dikodekan untuk ditampilkan.

Misalnya ada aplikasi yang harus menggunakan kamera yang menghadap ke depan untuk panggilan video.

Ketika Anda meluncurkannya, aplikasi tersebut mencoba mengakses kamera depan.

Tetapi ponsel Anda tidak memiliki kamera yang menghadap ke depan. Jika aplikasi tidak diprogram untuk menangani situasi seperti itu, Maka yang terjadi adalah error “Force Close”.

Kode program harus ditulis secara eksplisit di dalam aplikasi untuk menangani situasi di mana tidak ada kamera yang menghadap ke depan untuk mencegah kesalahan.

Jadi pada kasus error gboard ini. Saya menduga bahwa ada error yang tidak diduga oleh pembuat aplikasi jadi tidak bisa menampilkan pesan error khusus, jadi android secara paksa menutup aplikasi gboard anda.